Sumsel Kota Gemilang



SUMATERA SELATAN KOTA GEMILANG
(Gemah Ripah Indah Aman dan Cemerlang)

Sumatera selatan (Palembang) merupakan kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan,terlintas dalam pikiran kita dengan Jembatan Ampera  yang melintasi  Sungai Musi yang merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera dan berfungsi sebagai sarana transportasi dan perdagangan antar wilayah.icon tersebut menjadi incaran faforit di kalangan Wisatawan dan penduduk Lokal bila berkunjung ke palembang. H.ALEX NOERDIN selaku Gubernur sumatera selatan yang sangat berperan aktif dalam mewujudkan sumsel menjadi salah satu kota yang Gemilang di Indonesia.

Dalam mewujudkan sumsel menjadi kota yang Gemilang H.ALEX NOERDIN  sosok pemimpin yang ramah dan 
suka menolong sudah banyak melakukan program pembangunan sarana dan
prasarana yang berguna bagi masyarakat banyak,dan dia juga telah banyak mengunjungi tempat-tempat disekitaran palembang maupun diluar kota palembang yang mayoritas penduduknya yang kurang mampu dan memberikan Bantuan terutama untuk korban Bencana Alam.Tapi dilain sisi masyarakat sudah merasakan gemilangnya kota palembang berkat bapak gubernur kita H.ALEX.NOERDIN terutama di bidang pendidikan dan kesehatan,sekarang Sekolah dan Berobat semakin mudah didapatkan dan tidak lagi dipusingkan untuk membayar biaya yang mahal terutama untuk kalangan yang tidak mampu.Untuk tahun kedepannya masyarakat banyak berharap kepada H.ALEX NOERDIN untuk bisa menjadikan kota palembang lebih Gemilang lagi dari pencapaiannya saat ini.Namun Fasiitas dan ciri khas yang masih ada dan tetap dipertahankan sampai sekarang tidak mengurangi nilai eksotis kota palembang yang menjadi kota kebanggaan kita semua. Fasilitas-fasilitas meliputi:

•   Perguruan Tinggi
Kota Palembang memiliki beberapa perguruan tinggi di antaranya Universitas Sriwijaya di Bukit Besar, walaupun kampus utamanya yang memiliki luas 712 ha berada pada kawasan Inderalaya, Ogan Ilir Sumatera selatan saat ini menempati urutan ke-15 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics Juli 2010. Peringkat Universitas Sriwijaya dalam pemeringkatan World Class University versi Webometrics terus mengalami peningkatan sejak edisi Januari 2009 (peringkat ke-37), edisi Juli 2009 (peringkat ke-29) dan edisi Juli 2010 (peringkat ke-15). Untuk wilayah sumatera, Universitas Sriwijaya menempati peringkat ke-1 yang kemudian diikuti oleh Universitas Lampung (Unila), Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Riau (Unri).
beberapa Universitas lainnya yang ada diPalembang:
•    Politeknik Negeri Swriwijaya
•    Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang
•    Universitas Bina Darma
•    Universitas Indo Global Mandiri
•    Politeknik Akamigas Palembang
Palembang juga memiliki Sekolah Jurnalisme Pertama di Indonesia, SJI diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN)di Palembang, 9 Februari 2010. Sekolah Jurnalisme ini merupakan sekolah jurnalisme internasional pertama di Indonesia yang berada di bawah naungan UNESCO. Sekolah ini ditujukan kepada yang ingin memahami terhadap dunia Jurnalistik, saaat ini berada sementara di Diklat Kepegawaiaan Provinsi Sumatera Selatan.


•    OLAHRAGA

Stadion Gelora Sriwijaya dibangun dalam rangka penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XVI pada tahun 2004. Stadion ini terletak di daerah Jakabaring di bagian selatan Palembang. Bentuk dari stadion ini diilhami dari bentuk layar perahu terkembang dan diberi nama berdasarkan kebesaran Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang pada masa lampau.Stadion yang berkapasitas 40.000 tempat duduk ini pernah dipercaya sebagai tuan rumah dalam pembukaan SEA GAMES KE-XXVI yang diselenggarakan pada tanggal 22 November2011.dengan merehabilitasi venue eks Pekan Olahraga Nasional XVI dan membangun Wisma Atlet, Venue tambahan seperti lapangan Atletik, Aquatic Center, Volley Beach, Ski Air, Panjat Tebing dan Lapangan Tembak terbesar se-Asia yang digunakan untuk perlombaan Sea Games,pembangunan tempat-tempat tersebut tidak luput  berperan aktif  bapak Gubernur kita yaitu H.AELX NOERDIN.Stadion ini juga merupakan homebase bagi klub sepak bola Palembang, Sriwijaya Football Club (Sriwijaya FC) yang merupakan klub sepak bola kebanggaan masyarakat Palembang.selain itu Palembang juga memiliki sebuah klub bola voli bernama Palembang Bank SUMSELBABEL, yang mewakili Indonesia dalam Men's Club Asian Volleyball Championship 2011 di GOR PSCC Palembang.
 

•    Hotel

Hotel-hotel berbintang di Palembang antara lain:
-Aryaduta Hotel and Convention Center Palembang *****

-Novotel Hotel Palembang *****
-Hotel Aston International Palembang ****
-Rio City Hotel Palembang ***
-Hotel Royal Asia Palembang ***
-Sahid Imara Hotel Palembang ***
-Hotel Lembang Palembang ***
-Hotel Princess Palembang **
-Hotel Zuri Express **
-Grand Duta Hotel **


 •    Pusat perbelanjaan
1).Palembang Indah Mall,merupakan mall salah satu mall terbesar di Palembang. Terdapat anchor tenant seperti Hypermart, Ace Hardware, Index Furnishings, dll.
2).Palembang Square,merupakan mall teramai di Palembang. Terdapat anchor tenant seperti Carrefour, Grand JM, Gramedia dan lain-lain.
3).Palembang Trade Center Mall
4).Internasional Plazza,merupakan mall terbesar di Palembang. Juga merupakan pusat handphone terbesar di Sumatera Bagian Selatan. Terdapat anchor tenant seperti
Matahari Departmen Store Superindo dan lain-lain.


•    Objek Wisata


 
1.Jembatan Ampera, sebuah jembatan megah sepanjang 1.177 meter yang melintas di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini merupakan ikon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan dibangun dengan menggunakan harta rampasan Jepang serta tenaga ahli dari Jepang. 


2. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang, terletak di pusat Kota Palembang, masjid ini merupakan masjid terbesar di Sumatera Selatan dengan kapasitas 15.000 jemaah.

3.Benteng Kuto Besak, terletak di tepian Sungai Musi dan berdekatan dengan Jembatan Ampera, Benteng ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Perencana pembangunan benteng ini adalah Sultan Mahmud Badaruddin I, dengan jangka waktu hingga 17 tahun lamanya.
Proses pembangunan benteng ini didukung penuh rakyat di Sumatra Selatan.
Bentuk dukungan mereka diwujudkan dengan menyumbang bahan-bahan bangunan maupun tenaga pelaksananya.Di bagian dalam benteng terdapat kantor kesehatan Kodam II Sriwijaya dan rumah sakit. Benteng ini merupakan satu-satunya benteng di Indonesia yang berdinding batu dan memenuhi syarat perbentengan / pertahanan yang dibangun atas biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari serangan musuh bangsa Eropa dan tidak diberi nama pahlawan Eropa.
 

4.Waterboom OPI Jakabaring, Fantasy Island, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Hutan Wisata Punti Kayu,pulau komaro,gedung kantor walikota dan masih banyak lagi.


Ciri Khas meliputi:
•    Makanan

 
 1).Pempek, makanan khas Palembang yang telah terkenal di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan bahan dasar utama daging ikan dan sagu.Ragam jenis pempek yang terdapat di Palembang antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak - otak. Sebagai pelengkap menyantap pempek, masyarakat Palembang biasa menambahkan saus kental berwarna kehitaman yang terbuat dari rebusan gula merah, cabe dan udang kering yang oleh masyarakat setempat disebut saus cuka (cuko).

2).Dari berbagai jenis pempek diatas,masyarakat palembang berhasil mengembangkan pelengkap menyantap pempek,yang tadinya cuma pakai saus cuka sekarang berkembang menjadi Model,Tekwan yang dimakan dengan kaldu udang sebagai kuah, serta soun dan jamur kuping sebagai pelengkap.

3).Kemplang, berbahan dasar pempek lenjer, diiris tipis dan kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering kemplang dapat dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang hingga
mengembang.

4).Pindang Patin, salah satu makanan khas Palembang yang berbahan dasar daging ikan patin yang direbus dengan bumbu pedas dan biasanya ditambahkan irisan buah nanas untuk memberikan rasa segar. Nikmat disantap dengan nasi putih hangat, rasanya gurih, pedas dan segar.

5). Tempoyak, makanan khas Palembang yang berbahan dasar daging durian yang ditumis beserta irisan cabai dan bawang, bentuknya seperti saus dan biasa disantap sebagai pelengkap makanan, rasanya unik dan gurih.

•    Kebudayaan

 
1).Kesenian Dul Muluk (pentas drama tradisional khas Palembang)
2).Tari-tarian seperti Gending Sriwijaya yang diadakan sebagai penyambutan kepada tamu-tamu dan tari Tanggai yang diperagakan dalam resepsi pernikahan
3).Syarofal Anam adalah kesenian Islami yang dibawa oleh para saudagar Arab dulu, dan menjadi terkenal di Palembang oleh KH. M Akib, Ki Kemas H. Umar dan S. Abdullah bin Alwi Jamalullail.
4.Lagu Daerah seperti Melati Karangan, Dek Sangke, Cuk Mak Ilang, Dirut dan Ribang Kemambang.
5).Rumah Adat Palembang adalah Rumah Limas dan Rumah Rakit.

•    Lainnya meliputi:
-Jambore


Jambore Nasional Pramuka Penggalang adalah kegiatan pertemuan gerakan pramuka seluruh Indonesia yang rutin diselenggarakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka setiap 5 (lima) tahun sekali. Jambore Nasional ke-9 atau Jamnas IX 2011, diadakan di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dan Sub-Camp Kota Palembang Sumatera Selatan, pada tanggal 2-9 Juli 2011. Jamnas IX 2011 ini memiliki tema: “Bersatu Teguh Menuju Indonesia Gemilang” dan motto: “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”. Jamnas IX dibuka oleh Presiden RI,Susilo Bambang Yudhoyono dan ditutup oleh Wakil Presiden RI,H.Budiono. Peserta Jamnas IX berjumlah sekitar 30.000 orang yang terdiri dari perwakilan Pramuka penggalang 33Kwartir Daerah dari seluruh provinsi di Indonesia dan ratusan perwakilan Pramuka dari beberapa negara tetangga.


-Prestasi

 

 Beberapa prestasi yang pernah di Raih Kota Palembang :
-Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2007 (Adipura Award).
-Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2008 (Adipura Award).
-Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2009 (Adipura Award).
-Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2010 (Adipura Award).
-Peringkat I Kota Metropolitan Terbersih se-Indonesia 2011 (Adipura Award).
-Taman Kota Terbaik se-Indonesia, atas nama Kambang Iwak (KI Family Park).
-Asean Environment Sustainable City 2008, sebagai Kota Terbersih se-Asean.

 


Dengan fasilitas yang kita miliki sekarang palembang sudah bisa dikatakan sebagai kota Gemilang,sebagai masyarakat kita harus bisa memelihara dan memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya biar generasi ke generasi dapat menikmatinya sepanjang masa. 


 


Referensi :
http://alexnoerdin.co/
http://id.wikipedia.org
http://google.com


2 comments:

Untuk Sumsel Gemilang

Followers

Powered by Blogger.

Sumsel blog